Mar 5, 2018

Pengalaman melahirkan di Puskesmas Jogja

Assalamualaikum

Akhirnya nulis lagi, kali ini mau sedikit cerita pengalaman melahirkan di Puskesmas. Yeay
Hah emang bisa melahirkan di Puskesmas? BISA banget ^^
Beberapa Puskemas di Kota Yogyakarta sudah bisa melayani proses persalinan dengan catatan persalinan normal moms. Kalau untuk tindakan operasi secar belum bisa ya moms jadi pastikan dulu sudah mendapatkan rekomendasi dari dokter atau bidan untuk melahirkan secara normal.

Sebenarnya melahirkan di Puskesmas sudah dua kali saya lakukan, di tahun 2011 saya melahirkan mbak Hana di Puskemas Tegalrejo. Dulu banget udah mules-mules langsung ke sana karena sebelumnya sudah USG di sana jadi sudah merasa nyaman sama tempatnya. Modal bawa badan aja waktu itu (hihihi) kebetulan kok baju bayi+popok malah dipinjamkan dari sana selama inap. Kalau sekarang kurang tau ya apakah masih seperti itu atau enggak, dan waktu itu habisnya total habis sekitar Rp 700.000. Waktu itu belum ada tuh BPJS dan Jampersal jadi pakai uang pribadi :)

Akhir tahun lalu alias tahun 2017 saya melahirkan anak ke dua, dek Azzam di Puskesmas Jetis. Tempatnya di barat Tugu Jogja, selatan jalan di belakang halte Trans Jogja lokasinya. Buka 24 jam untuk layanan persalinan, puskesmas ini menjadi rujukan puskesmas lainnya yang belum memiliki fasilitas persalinan seperti Puskesmas Gondokusuman 1 tempat saya kontrol kehamilan.

Syarat-syarat yang harus dibawa ketika akan melahirkan di Puskesmas Jetis:
1. KTP Istri & suami (dicopy)
2. Kartu BPJS Istri (dicopy)
3. Buku KIA (dicopy) *ada beberapa halaman yang harus dicopy, jadi bawa aja kalau bingung

Waktu itu hanya ada 2 bed saja di ruangan melahirkan dan alhamdulillah waktu saya melahirkan itu cuma saya sendiri pasiennya jadi berasa VIP banget, ada bidan, ada dokter dan banyak perawat handle saya, hihihi.
Adek Azzam di kamar inap

Kalau untuk bed di kamar inapnya sih ada banyak, ada 10 kalau tidak salah ingat dan lucky me karena saya sendirian jadi nyaman banget di ruangan seluas itu (bisa dilihat di foto, sepi kan). Karena saya pakai BPJS jadi benar-benar GRATIS dari masuk sampai pulang padahal saya habis infus 3 botol, terus pembalut pasca melahirkan juga dikasih, pokoknya gak keluar uang sama sekali saya selain untuk fotocopy sama order grabcar buat pulang.

Buat moms yang mau melahirkan jangan ragu untuk melahirkan di Puskesmas selagi memungkinkan melahirkan secara normal ya, semoga persalinannya lancar, aamiin ^^

12 comments:

  1. Mom,dokter yg bantu persalinan disana cowok atau cewek??

    ReplyDelete
  2. Halo mom, maaf baru balas. Waktu itu kebetulan yang menangani dokter perempuan :)

    ReplyDelete
  3. Mau tanya, kalau tanpa BPJS, untuk tahun 2017 habisnya berapa ya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas untuk biayanya saya kurang tau, semoga sudah mendapatkan informasi jelas ya

      Delete
  4. Asaalamu'alaikum... Saya faskes tingkat 1 di depok 2.kemarin disarankan lahiran di puskesmas ngemplak. Tapi saya browsing ko lwbih deket ke puskesmas jetis ya mom. Pertanyaannya apakah boleh biasa kontrol di ouskesmas dwpok 2.tapi saya memilih lahiran di puskesmas jetis, padahal disarankan dipuskesmas ngemplak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wassalamu'alaikum maaf saya baru membalas. Bisa-bisa saja seharusnya, atau untuk lebih jelasnya bisa datang langsung ke puskesmas Jetis, langsung masuk ke belakang :)

      Delete
  5. Bun faskes kis ku kan masih gamping, tapi kk ktp udah masuk kota, kalau lahiran di puskesmas tegalrejo bisa dipake ngga ya kis nya? Atau harus pindah faskes dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bunda.. Aku besok juga mau lahiran di puskesmas tegalrejo..kmren udah tanya2.. Pkoknya bgitu krasa mules langsung dteng aja ke puskesmasnya.. Dibwa prsyaratannya..

      Delete
  6. Bun, saya lagi bingung mau milih di puskesmas mana antara jetis atau tegalrejo, karena bukan asli joga, karena bunda sudah pernah di 2 tempat tersebut, kira² lebih nyaman di mana ya bun? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dijawab via DM IG, semoga persalinannya lancar ya bun :)

      Delete
  7. Bun, sy jg dibisikin enakan di tegalrejo atau di jetis.
    Karena sy lahiran pertama di tegalrejo, naah yg mau lahiran kedua ini faskes diarahkan ke jetis.
    Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau juga dong mbak dibisikin, buat mbak lebih nyaman yg mana, insyaAllah ini persalinan pertama, jd msh belum kebayang mau dmn.. Hihi, terimakasih mbak infonya..

      Delete